Wisata Pantai Baru Bantul

Menikmati Keindahan Pantai Pandansimo Baru Yogyakarta

Posted on

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam objek wisata. Dari wisata budaya, kuliner serta alam. Wisata pantai merupakan salah satu wisata alam di Jogja yang menjadi andalan, salah satunya objek wisata pantai Pandansimo Baru Bantul.

Daerah Kabupaten Bantul memiliki cukup banyak objek wisata pantainya. Bahkan beberapa pantai sudah lama terkenal menjadi objek wisata pantai di Jogja. Seperti pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Samas, Pantai Depok, dan lainnya.

Belum lama ini ada satu objek wisata pantai di Bantul yang mulai hangat dibicarakan dan mulai ramai dikunjungi sebagai alternatif tujuan wisata di daerah Bantul Jogja. Pantai Pandansimo Baru atau yang kian akrab hanya disebut sebagai Pantai Baru. Lokasi pantai baru ini berada di dusun Ngentak desa Poncosari kecamatan Sradakan.

Pada umumnya pantai-pantai yang ada di Bantul menghadap ke laut Selatan dan terhubung ke Samudera Indonesia yang dalam dan memiliki gelombang tinggi. Begitu pula dengan tempat wisata Pantai Pandansimo Baru. Ombak terus menerus bergulung-gulung dan menghempasi pasir pantai yang berwarna gelap. Tak terlihat pengunjung yang berani berenang di pantai Baru ini. Karena tanda peringatan untuk tidak mandi di laut terpajang di tepi pantai tersebut.

Lantas apa serunya liburan ke pantai jika tidak menceburkan tubuh ke laut ? Meski pengunjung pantai baru Bantul ini tidak bisa menikmati dan mandi di laut, justru hamparan pasir pantai lah yang menjadi daya tarik utama pantai Pandansimo Baru Jogja ini.

BACA JUGA  Ini Dia Wisata Menarik Taman Monjali Yogyakarta

Wisata Pantai Baru Bantul

Objek wisata pantai pandansimo baru Bantu Yogya ini menawarka banyak cara yang menyenangkan dan seru bagi pengunjung untuk tetap bisa bersuka cita menikmati hari liburnya. Baca juga tips liburan ke pantai dari tipsjalan.com agar Anda tidak bingung ketika liburan ke wisata pantai tapi tidak boleh berenang untuk keselamatan.

Seperti biasanya jika mengunjungi wisata pantai, pengunjung ramai berdatangan sesaat menjelang sang surya terbit atau tenggelam. Tentu juga lebih banyak orang datang pada waktu tersebut karena saat-saat tersebut suhu udara pantai belum terlalu panas dan juga bisa menikmati sunrise dan sunset di pantai memperkuat kesan romantis liburan Anda.

Namun di wisata pantai pandansimo baru Bantul Yogyakarta malah sebaliknya. Pengunjung akan tetap nyaman dan tidak merasakan kegerahan sekalipun saat tengah hari bolong. Bagaimana mungkin pantai pandansimo baru ini terasa nyaman disiang hari ?

Tak lain karena keteduhan pantai pandansimo baru Bantul ini dihasilkan oleh kanopi-kanopi dari ribuan pohon cemara udang yang tumbuh subur di sepanjang tepi pantai. Cemara-cemara tersebut tidak tumbuh alami, melainkan sengaja ditanam oleh sejumlah penduduk setempat.

BACA JUGA  Ini Dia 7 Wisata Kuliner Tradisional Di Jogja Yang Paling Favorit Dan Wajib Dikunjungi

Menurut informasi, dahulu pantai pandansimo ini juga serupa dengan pantai-pantai lainnya, hanya lahan pasir kosong dan gersang. Namun seiring waktu, sejumlah nelayan yang tinggal di dusun Ngentak mulau berinisiatif menanam pohon cemara udang. Lantas warga lainnya swadaya dan bergotong royong menanami pantai dengan pohon cemara udang secara bertahap.

Kini area pantai pandansimo baru yang memiliki luas sekitar 300 ribu meter persegi ini telah ditumbuhi pohon cemara udang yang sudah tumbuh besar. Alhasil objek wisata pantai inipun menjadi teduh dan terlihat hijau.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan pantai baru Bantul ini. Cara paling sederhana dan banyak dilakukan warga adalah dengan duduk-duduk bersantai di tikar yang dihamparkan di atas pasir pantai sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah atau menikmati ikan bakar ataupun masakan seafood sajian kios-kios yang berjajar rapi di belakang pohon-pohon cemara udang.

Suasana objek wisata pantai pandansimo baru bantul jogja ini sangat ideal untuk dijadikan tempat liburan murah bersama keluarga dan teman-teman Anda. Fasilitas utama di Pantai Baru yang dapat diunggulkan adalah jajaran warung kuliner yang berdekatan dengan rindangnya pohon cemara sehingga pengunjung dapat menikmati santap siangnya tanpa terganggu terik matahari. Nah, dengan begini juga bisa menambah daftar wisata kuliner di jogja.

BACA JUGA  Ini Dia 5 Daftar Objek Wisata Alam Di Yogyakarta Yang Menawan

Pantai Baru juga dikenal dengan pantai kincir angin, karea di pantai ini akan dikembangkan sebagai wisata pendidikan berbasis teknologi yakni kincir angin sebagai pembangkit listrik, juga agrowisata, dan Perikanan dengan kolam sebanyak 10 kolam serta peternakan dengan 150 kandang dengan kelompok nelayan yang beranggotakan 96 orang.

Siang itu terlihat sejumlah anak remaja tampak menikmati berjalan-jalan di atas permukaan pasir pantai yang basah berasal dari sapuan air laut. Sementara penjual layang-layang berbentuk burung mencoba memikat anak-anak dengan mencoba menaikkan layang-layangnya. Hembusan angin yang cukup kencang di pantai baru bantul ini memang ideal untuk bermain layang-layang.

Di pantai pandansimo ini juga tersedia sarana permainan seperti kendaraan ATV yang disewakan. Pengunjung dan wisatawan bisa mengendarai kendaraan ini untuk menjelajahi area pantai.

Cara Menuju Pantai Pandansimo Baru Bantul Yogyakarta

Bagaimana rute perjalanan untuk menuju pantai pandansimo baru yang teduh, besih, luas, landai dan nyaman ini ? Tidak sulit untuk menemukan lokasi pantai pandansimo, ikuti saja Jalan raya Bantul hingga Palbapang, lalu belok kanan menuju Jalan raya Srandakan. Terus saja hingga terlihat jembatan kali progo namun tepat sebelum jembatan itu ambil jalan ke kiri. Selanjutnya ikuti jalan aspal hingga menemukan tanda/plang petunjuk arah pantai pandansimo baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *