Embung Nglanggeran DIY

Objek Wisata Telaga Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Posted on

Hai para pembaca blog tips wisata murah tipsjalan.com. Kali ini kami akan mengulas tentang tempat wisata Embung Nglanggeran yang merupakan salah satu objek wisata menarik di daerah Gunung Kidul Yogyakarta.

Berbeda dengan tempat wisata di Bantul, objek wisata Embung Nglanggeran merupakan telaga atau tampungan air yang berada di bukit dengan ketinggian sekitar 500m di atas permukaan laut. Memiliki kedalaman sekitar 3meter, Embung Nglanggeran dibangun untuk mengairi Kebun Buah Nglanggeran.

Lokasi Embung Nglanggeran berada di kawasan Gunung Pendem, Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Objek wisata ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Embung Nglanggeran DIY

Cara Menuju Objek Wisata Embung Nglanggeran

Tempat wisata Embung Nglanggeran mudah dicapai dari Jogja. Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, bisa mengikuti jalan Wonosari. Setelah sampai pertigaan Polsek Patuk, belok kanan menunuju Gunung Api Purba Nglanggeran. Sesampainya di basecamp Gunung Nglanggeran silahkan ikuti petunjuk arah yang ada atau tanya kepada pengelola GAP yang selalu standby di basecamp. Baca juga daftar tempat wisata di Kulon Progo

BACA JUGA  Liburan Religi Ke Tempat Wisata Ziarah di Jogja

Pesona Tempat Wisata Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Selain pengunjung bisa melihat keindahan telagar air, Embung Nglanggeran Gunung Kidul juga menawarkan beragam pesona tempat wisata yang bisa menghilangkan kepenatan rutinitas kita di kota. Berikut daftar pesona Embung Nglanggeran :

Embung di Puncak Bukit
Embung ini sangat unik karena tidak berada pada daerah lembah seperti umumnya telaga atau kolam penampungan air lainnya. Embung Nglanggeran dibangun diatas bukit berketinggian sekitar 500 mdpl.

Area Kebun Buah Nglanggeran
Kebun Buah ini menawarkan komoditi utama tanaman buah durian montong dan kelengkeng, meski masih kecil-kecil dan belum berbuah, diantara tanaman-tanaman lain yang tak kalah menarik, seperti rambutan, kakao, dan alpukat. Diperkirakan 5 tahun lagi durian dan kelengkeng tersebut mulai dapat dipanen.

Gunung Api Purba Nglanggeran
Keunikan serta keindahan bebatuan yang terbentuk jutaan tahun yang lalu merupakan daya tarik utama Gunung Api Purba Nglanggeran. Kita dapat menikmati pemandangan tersebut tepat dari lokasi Embung Nglanggeran.

Kawasan Kota Menara
Sebuah fenomena unik dimana belasan antenna pemancar dan BTS seluler didirikan dalam satu kawasan. Pemandangan unik ini terlihat jelas dari puncak Embung Nglanggeran, dan menawarkan nuansa unik dimalam hari dengan lampu-lampunya.

BACA JUGA  Inilah 3 Spot Wisata Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta

Awan Putih diatas Kota Wonosari
Dari Embung Nglanggeran, kita dapat menikmati suasana seolah diatas awan, dan memang demikian adanya. Dengan ketinggian mencapai 500an mdpl, awan di atas Kota Wonosari akan terlihat jelas dibawah kita.

Pemandangan Asri Desa Nglanggeran
Pemandangan asri kawasan perdesaan Nglanggeran terlihat jelas dari embung ini. Tumbuhan hijau, aktivitas penduduk desa, hingga suara-suara alam seolah menjadi keindahan tak terkatakan bagi mereka yang menyukai alam.

Sunset dan Sunrise
Pada cuaca yang cerah, sunrise maupun sunset dari embung Nglanggeran nampak sangat indah. Kita tidak harus naik gunung yang tinggi hanya untuk menikmati keindahan awan yang tersorot cahaya pagi dan sore.

Mudah-mudahan ulasan tentang tempat wisata Embung Nglanggeran Gunung Kidul Jogja ini berguna untuk pembaca tipsjalan.com. Ikuti kami di twitter dengan follow @tipsjalancom untuk mendapatkan update tips liburan hemat dan info wisata lainnya. Selamat berlibur.

2 thoughts on “Objek Wisata Telaga Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *