Tempat Wisata Budaya Candi Boyolangu Tulungangung

Tempat Wisata Budaya Candi Boyolangu Tulungangung

Posted on

Tempat wisata Candi Boyolangu berada di kota Tulungagung, salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Selain sebagai daerah penghasil batu marmer yang sudah terkenal dan terbesar di Indonesia, ternyata juga menyimpan banyak lokasi liburan di Tulungagung.

Jika anda melewati kota Tulungangung, saran tim blog tips wisata murah tipsjalan.com sempatkalah untuk mampir ke tempat liburan yang satu ini, yaitu objek wisata Candi Boyolangu. Candi ini merupakan satu–satunya candi yang mudah dicapai menggunakan kendaraan umum di Tulungagung. Nama lain candi ini juga dikenal masyarakat sebagai Candi Gayatri.

Pada bagian tangga batu candi Candi Gayatri atau candi Boyolangu terdapat tulisan angka 1289 Ç (1367 M) dan 1291 Çaka (1369 M). Tulisan tersebut merupakan tahun pembuatan candi tersebut pada zaman kerajaan Majapahit. Candi ini mempunyai arca Gayatri yaitu arca wanita oleh ratu Sri Rajapatni, nenek dari raja Hayam Wuruk. Baca juga Sejarah dan Info Tempat Wisata Candi Jabung Probolinggo.

Tempat Wisata Budaya Candi Boyolangu Tulungangung

Tahukah anda tentang indahnya Candi Boyolangu ini ? Berikut beberapa informasi sekilas tentang sejarah Wisata Budaya Candi Boyolangu adalah :

BACA JUGA  5 Destinasi Ini Layak Disambangi Ketika di Bojonegoro

Informasi Tempat Wisata Candi Boyolangu Tulungagung Jatim

1. Wisata dan sejarah Candi Boyolangu
Di tempat wisata Candi Boyolangu ini anda dapat melihat beberapa candi yang merupakan peninggalan kerajaan di masa lalu. Area ini merpakan sebuah komplek percandian Buddha peninggalan kerajaan Majapahit yang terdiri dari satu buah candi induk dan dua buah candi perwara yang bersebelahan dengan candi induk.

Di atas candi induk terdapat sebuah arca yaitu Dhyani Wairocana. Sayangnya bagian kepala, tangan kiri, dan telapak tangan kanan dari arca ini putus. Mungkin disebabkan oleh lamanya waktu dan kurangnya perhatian serta perawatan. Candi Gayatri atau Boyolangu adalah perwujudan salah satu anak seorang Raja Singosari yaitu Kertanegara. Gayatri ini adalah biksu wanita yang biasa dikenal dengan Rajapadmi pada masa kerajaan Majapahit. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Boyolangu)

2. Lokasi Tempat Wisata Candi Boyolangu
Candi Boyolangu atau Gayatri terletak di Dusun Dadapan, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jika anda brangkat dari Terminal Tulungagung, anda bisa naik angkutan umum menuju Candi Gayatri. Anda bisa berhenti di depan di Puskesmas Boyolangu. Dari sini anda harus berjalan beberapa meter sampai menemukan gang dengan gapura besar bertuliskan Gang Candi Gayatri.

BACA JUGA  Daftar Tempat Wisata di Madura Yang Bisa Membuatmu Ingin Kembali

3. Biaya Masuk Lokasi Candi Boyolangu
Jika anda menggunkan angkutan umum, anda harus membayar sebesar 3.000 rupiah. Jika membawa kendaraan sendiri maka anda tidak perlu menyewa angkutan umum.

Dari penjelasan dari artikel Objek Wisata Budaya Candi Boyolangu Tulungagung Jatim ini, semoga kita akan terus menjaga dan melestarikan warisan budaya yang ada di negeri kita tercinta ini. Jika Anda memiliki cerita menarik atau apapun tentang tempat wisata yang masib belum kami tulis, silahkan kirim cerita Anda ke info @ tipsjalan.com.

2 thoughts on “Tempat Wisata Budaya Candi Boyolangu Tulungangung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *