Tips Liburan ke Kawah Ijen Jawa Timur

Indahnya Objek Wisata Kawah Ijen, Surganya Para Petualang Di Banyuwangi

Posted on

Halo gaes, kali ini tipsjalan.com akan membahas tentang keindahan kawah Gunung Ijen yang terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Jika kamu disuruh memilih untuk pergi berlibur, tempat seperti apakah yang akan kamu kunjungi? Kawasan dataran tinggi dan pegunungan bisa menjadi salah satu hal yang kamu pilih.

Pegunungan sangat banyak sekali meyimpan keindahan. Gunung-gunung di Indonesia memanjakan wisatawan dengan sajian alamnya yang begitu menggoda. Selain itu, ada juga berbagai keunikan yang bisa kita lihat di berbagai gunung Indonesia.

Baca juga Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi Jawa Timur

Salah satu keunikan gunung yang bisa kita lihat ada di Kawah Ijen. Kawasan wisata alam kawah ijen ini bisa kamu jumpai di Banyuwangi dan Bondowoso, karena tempat ini termasuk ke dalam dua kawasan tersebut.

Kawasan Wisata Kawah Ijen dan Blue Fire

Tips Liburan Ke Kawah Gunung Ijen Banyuwangi Jawa Timur

Kawah tentu berada di daerah dataran tinggi. Letaknya ada di 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah ini merupakan elemen atau bagian dari Gunung Ijen. Gunung ini merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Jawa.

BACA JUGA  Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Dikunjungi

Kaldera dengan tinggi 300 – 500 meter mengelilingi kawah yang mempunyai luas 20 Km persegi ini. Jangan pernah bermimpi untuk berenang di air kawah ini, suhu air ini mencapai 200 derajat cecius. Cukup sekali untuk meleburkan tubuh manusia.

Pakaian hangat dan tebal wajib kamu kenakan selama berada di tempat ii. Pasalnya, suhu udara yang meliputi kawasan wisata ini hingga 2 derajat cecius. Suhu tersebut sangat cukup untuk membuat kamu kedinginan.

Objek Wisata Kawah Gunung Ijen Jawa Timur

Selain pakaian hangat, masker juga perlu disiapkan dengan baik. Kandunga belerang yang ada di kawah sangatlah tinggi. Hal ini bisa membuat sistem pernafasan kita terganggu. Bahkan, dalam jumlah tinggi bisa sangat berbahaya untuk kesehatan.

Bagi kamu yang memang berencana untuk mengunjungi Kawah Ijen, kamu bisa menjadikan Bondowoso atau Banyuwangi sebagai titik tujuan kamu. Dari Banyuwangi atau Bondowoso, kamu harus melakukan perjalanan ke Paltuding. Paltuding merupakan pos terakhir di kawasan Kawah Ijen ini.

Baca juga Bagaimana Tips Liburan Ke Gunung Bromo

Indahnya lautan kawah berwarna hijau toska baru bisa kamu nikmati setelah kamu mendaki menuju kaldera. Dari sini, kamu bisa melihat kepulan asap keluar dari kawah tersebut begitu indahnya. Pendakian kamu akan memakan waktu 2 jam. Memang, bagi pemula hal ini mungkin melelahkan. Namun, kamu tidak akan menyesal setelah tahu indahnya tempat yang akan kamu kunjungi.

BACA JUGA  Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Pesona Kuta di Pulau Jawa

Pemkamungan yang begitu indah akan terjadi pada pagi hari, yakni pukul 6 – 7 pagi. Jadi, bagi kamu yang ingin menikmati kondisi terindah dari Kawah Ijen, sebaiknya melakuan pendakian pukul 4 pagi dari Paltuding.

Kamu bisa berangkat dari Banyuwangi atau Bondowoso pada sore atau malam hari. Kemudian, kamu menginap di pos Paltuding. Ada penginapan murah di sekitar kawah ijen yang bisa kamu gunakan. Penginapan ini dikelola oleh Dinas Kehutanan. Dari sini kamu tinggal naik ke kawah Gunung Ijen menunggu waktu pagi hari saja.

Tips Liburan ke Kawah Ijen Jawa Timur

Jika kamu tidak puas dengan keindahan kawah ijen banyuwangi pada pagi hari, kamu bisa mencoba pendakian pada dini hari. Keunikan yang begitu mempesona mata kamu akan begitu indah untuk dilihat dari kaldera pada malam hari.

Kamu dapat melihat indahnya kilauan api biru atau sering juga di sebuat blue fire. Blue fire ini terletak di bawah kawah. Blue fire ini tidak bisa dilihat jika keadaan sudah menjadi terang. Untuk itu, dini hari adalah waktu yang tepat untuk menyaksian keindahan ini.

BACA JUGA  Liburan Ke Desa Wisata Osing Banyuwangi

Setelah puas menyaksian indahnya wisata alama kawah ijen yang begitu melegenda, tentu lengkap tentunya jika kamu pulang tanpa membawa souvenir dari kawah ijen. Di Pos Paltuding, kamu dapat menjumpai beberapa warung sederhana yang menjual beraneka souvenir khas Kawah Ijen. Untuk itu, kamu dapat membelinya sebagai oleh-oleh dan kenang-kenangan.

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Ijen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *