Objek Wisata Menara Siger Lampung Selatan

8 Tempat Wisata Favorit Di Lampung Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Posted on

Lampung merupakan sebuah provinsi yang terletak di paling selatan Pulau Sumatera dan ibu kotanya bernama Bandar Lampung. Walaupun merupakan bagian dari Pulau Sumatera, Prov. Lampung juga memiliki pulau-pulau kecil disekitarnya. Lampung memiliki keindahan yang beragam seperti keindahan gunung, sungai, pantai dan desa-desa tua.

Selain itu di wilayah Lampung anda dapat melihat suatu pemandangan yang mempesona yaitu, wilayah pantai di sisi kanan dan keindahan perbukitan disisi kanan nya. Karena keindahan alam yang dimilikinya, maka Lampung sangatlah layak untuk di jelajahi sebagai salah satu daerah tujuan wisata.

Baca juga Daftar Tempat Visata Di Lampung lainnya yang sudah pernah kamu bahas

Berikut ini beberapa tempat wisata di Lampung yang dapat anda jadikan lokasi berwisata bersama keluarga ataupun sahabat.

Objek Wisata Paling Terkenal Di Lampung Yang Banyak Dikunjungi

Taman Nasional Way Kambas
Way Kambas merupakan pusat pelatihan gajah pertama di Indonesia. Dulunya, gajah hanyalah dianggap sebagai hama. Namun setelah hewan bertubuh besar ini ditangkap dan dilatih maka gajah-gajah ini menjadi hewan yang bermanfaat, bahkan tak jarang gajah-gajah ini membantu pekerjaan masyarakat.

Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

Di tempat wisata favorit di Lampung Timur ini gajah-gajah dilatih sehingga mampu melakukan berbagai macam atraksi. Beragam atraksi lucu dan memukau seperti bermain bola, menari mengikuti alunan musik dan lain sebagainya dapat anda saksikan di tempat ini. Bagi anda yang ingin mencoba menaiki punggung gajah sambil berwisata safari, maka Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat yang tepat.

Disini anda dapat berkendara menaik binatang besar ini sambil menyusuri hutan, semak belukar dan rawa-rawa di kawasan ini. Selain gajah di Taman Nasional juga terdapat berbagai satwa lain yang dilindungi. Hutan-hutan bakau juga menghiasi taman ini sehingga sangat patut untuk dijelajahi.

Menara Siger
Menara Siger merupakan landmark dari Kota Bandar Lampung. Menara yang menjadi kebanggaan masyarakat Lampung ini dibangun diatas bukit dengan ketinggian 110 meter diatas permukaan laut. Menara ini bukan hanya sebagai ikon pariwisata namun juga sebagai ikon dalam hal lain seperti keagamaan, seni dan budaya serta pendidikan.

BACA JUGA  Daftar Tempat Wisata di Lampung yang Banyak Dikunjungi

Objek Wisata Menara Siger Lampung Selatan

Bangunan Menara Siger memiliki corak dan ciri khas Lampung Selatan, yaitu berbentuk mahkota yang terdiri dari Sembilan rangkaian yang melambangkan Sembilan bahasa yang ada di Lampung. Didalam menara juga terdapat ruangan-ruangan yang menampilkan budaya Lampung. Di ruangan ini juga terdapat berbagai informasi tentang daerah Lampung. Sehingga para pengunjung dapat memperoleh informasi yang jelas tentang Lampung.

Teluk Kiluan
Teluk Kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung Selatan. Butuh tenaga ekstra untuk menuju tempat ini, karena letaknya sekitar 80 KM dari pusat Kota Bandar Lampung. Teluk Kiluan memiliki keindahan alam yang yang memukau.

Tempat Wisata Teluk Kiluan Melihat Lumba-Lumba

Hamparan pasirnya berwarna putih dan lembut, airnya biru dan jernih. Teluk ini juga merupakan tempat bermigrasinya sekumpulan ikan lumba-lumba botol. Untuk dapat melihat lumba-lumba ini, anda dapat berperahu ke tengah laut. Anda dapat menyewa perahu kecil dari masyarakat sekitar. Biasanya lumba-lumba ini dapat dilihat sekitar pukul 6 hingga 10 pagi.

Pantai Tanjung Setia
Pantai Tanjung Setia merupakan tempat wisata di Lampung yang terkenal di kalangan peselancar. Pantai ini masuk kedalam wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Sekitar tujuh jam perjalanan untuk menempuh lokasi pantai ini dari pusat kota Bandar Lampung dengan berkendara melalui jalur darat.

Destinasi Favorit Pantai Tanjung Setia Lampung Barat

Karena lokasi Pantai Tanjung Setia yang sangat terpencil, maka pantai ini masih terjaga keindahannya. Pantai Tanjung Setia memiliki pasir putih halus, air berwarna biru jernih dengan ombak-ombak besar. Walaupun pantai ini tidak sepopuler pantai-pantai yang ada di Bali ataupun Lombok, namun pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai yang memiliki ombak yang indah. Tak salah jika pantai ini di jadikan lokasi surfing oleh para peselancar. Waktu yang paling pas untuk berselancar di pantai ini adalah pada bulan Juni hingga Agustus.

BACA JUGA  Wisata Pantai Favorit Di Lampung Sebagai Tempat Liburan Lebaran

Pada bulan-bulan ini ombak pantai bisa mencapai ketinggian 6 hingga 7 meter. Oleh karena itulah Pantai Tanjung Setia merupakan tempat berkumpulnya para peselancar dari seluruh belahan dunia. Bagi anda yang tidak dapat berselancar, maka anda dapat melakukan kegiatan lain di pantai ini, seperti berenang, bermain air, memancing dan lain sebagainya.

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau adalah gunung vulkanik yang masih aktif yang terletak di selat sunda. Wilayah Gunung Krakatau sekarang telah menjadi suatu kawasan cagar alam yang dapat di kunjungi oleh para wisatawan. Ada banyak paket wisata Gunung Krakatau yang dapat anda pilih.

Keindahan Gunung Krakatau Lampung Dari Laut

Selain dapat berpetualang mendaki gunung, biasanya paket wisata Krakatau juga akan menawarkan kegiatan snorkeling ataupun menjelajah pulau-pulau yang ada di sekitar Krakatau seperti Pulau Sebesi.

Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu merupakan salah satu objek wisata di Lampung yang berada di Waykanan. Tepatnya terletak di Kampung Juku Batu, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan. Jarak tempuhnya sekitar 46 KM dari dari ibu kota Kab. Way Kanan, Blambangan Umpu.

Objek Wisata Air Terjun Putri Malu Lampung

Air terjun dengan ketinggian 80 meter ini memiliki nuansa yang masih sangat alami dan penuh pesona. Dinamakan Putri Malu karena tetesan air yang jatuh dari air terjun ini berbentuk melengkung dan menyerupai punggung orang yang sedang mandi.

Air terjun, tebing-tebing, dan pepohonan hijau yang tumbuh disekitarnya merupakan perpaduan yang pas dan membentuk panorama keindahan alam yang luar biasa. Udara disekitar air terjun terasa sangat segar dan bersih. Ditambah lagi dengan cipratan-cipratan air dari air terjun ini, menambah kesegaran suasana yang ada.

Pulau Pahawang
Secara geografis Pulau Pahawang terletak di Kec. Punduh Padada, Keb. Pasawaran, Lampung Selatan. Beragam keindahan alam dapat anda nikmati di salah satu objek wisata di Lampung ini. Bukit dengan pepohonan hijau yang memenuhinya, pantai yang mempesona dengan pasir putih dan air jernih yang tampak kebiru-biruan dan keindahan alam bawah laut yang mempesona.

BACA JUGA  Wisata Pantai Favorit Di Lampung Sebagai Tempat Liburan Lebaran

Keindahan Pasir Putih Pulau Pahawang Lampung

Kegiatan bermain air, berenang dan snorkeling dapat dilakukan di tempat ini. Di pulau ini juga tersedia peralatan untuk snorkeling, sehingga bagi anda yang ingin bersnorkeling tanpa persiapan bisa menyewa perlengkapannya di sini. Selain itu di tempat ini terdapat satu keunikan, yaitu sebuah jembatan alami yang disebut dengan Tanjung Putus. Jembatan alami ini menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dan Pulau Pahawang Kecil. Jembatan ini hanya dapat dilihat ketika air sedang surut.

Di kawasan Tanjung Putus anda bisa melakukan kegiatan menyelam. Pemandangan alam bawah laut yang indah membuat pulau ini menjadi spot favorit di kalangan para penyelam. Untuk mencapai Pulau Pahawang Kecil hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit dari Pulau Pahawang Besar.

Pantai Mutun dan Pulau Tangkil
Letak Pantai Mutun tidak begitu jauh dari Kota Bandar Lampung. Pantai ini memiliki pasir putih dan air yang cukup bersih. Ombak pantai relatif tenang, sehingga terasa cukup aman jika anda ingin bermain air di sekitar pantai. Menikmati keindahan alam pantai dengan laut yang tenang dapat mengurangi rasa stres dan penat yang melanda.

Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

Tak jauh dari Pantai Mutun terdapat sebuah Pulau yang bernama Pulau tangkil. Untuk dapat mendatangi pulau ini dengan menyewa perahu. Suasana hening, damai dan tenang akan anda dapat rasakan. Selain itu pulau ini juga ditumbuhi oleh pepohonan rimbun dan memiliki air yang jernih sehingga pas untuk anda yang sekedar ingin beristirahat ataupun berenang.

Banyak wisatawan yang lebih memilih berenang disekitar Pulau Tangkil karena airnya dirasa lebih bersih dan jernih. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil adalah tempat wisata di Lampung yang tak boleh anda lewatkan untuk dinikmati keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *